Minggu, 16 Oktober 2011

benjolan di perut


Ass Wr Wb

Menjumpai Dokter Spesialis Kandungan,
Saya 35 tahun seorang ibu rumah tangga dengan 2 putra,kebetulan saya gemar lari pagi. Kurang lebih 2 bulan ini saya merasakan saat lari pagi di perut bawah saya seperti ada sesuatu yang bergerak-gerak, dan bila diraba memang seperti ada benjolan, tetapi tidak sakit dan tidak ada keluhan apapun. Sebagai tambahan informasi saya menggunakan KB IUD dan kakak saya juga pernah mengalami hal yang sama, didiagnosa menderita myom dan akhirnya diangkat rahimnya. Sampai saat ini saya memang belum memeriksakan diri. Pertanyaan saya apakah saya menderita myom juga, dan apakah ada kaitannya dengan KB IUD? 

Wass, Ny Rani di Pilang
Ass Wr Wb

Ibu Rani, terima kasih untuk partisipasinya.
Kasus yang ibu alami kebetulan sama dengan topik bahasan kita minggu ini. Dari informasi yang ibu berikan, memang tampaknya ibu menderita myoma uteri, namun alangkah lebih baik bila ibu memeriksakan diri sehingga diagnosanya lebih pasti. Penjelasan tentang myoma itu sendiri dapat ibu baca dalam artikel kali ini. 

Bila kakak ibu pernah mengalami myom memang hal yang wajar jika ibu mengalami pula, karena myoma uteri bersifat genetik. Jadi mungkin saja saudara ibu yang lain bisa mengalami hal yang sama. Myom tidak timbul karena IUD yang ibu gunakan tetapi karena faktor genetik dalam setiap individu. Pada saat memeriksakan diri, dokter ibu pastinya akan sekaligus memeriksa IUD ibu. Dan selanjutnya akan ditentukan pengobatan yang tepat untuk ibu, karena penatalaksanaan tiap kasus berbeda-beda. Belum tentu ibu akan mengalami pengangkatan rahim.

Jadi saran saya, segeralah ibu memeriksakan diri agar dapat diketahui diagnosa pastinya dan direncanakan pengobatan yang paling tepat untuk ibu.
Wassalamu’alaikum wr wb
Dr H Ricardi WA, MHA, SpOG
RSIA Sumber Kasih



1 komentar: